A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama,toleran, damai), santun,responsif dan proaktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual,konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
1. Mengamalkan nilai-nilai
keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari
2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan.
4. Memahami konsep teknologi komputer terapan
jaringan
5. Menyajikan konsep teknologi komputer terapan
jaringan
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menunjukkan
nilai-nilai syukur dan kebesaran Allah SWT berupa penganugerahan otak dan akal
pikiran manusia yang terus berkembang guna kemudahan berkomunikasi dan
menyampaikan informasi melalui tulisan.
2. Menunjukkan
sikap peduli terhadap penggunaan perangkat lunak pengolah kata yang legal dan
etika penulisan yang sopan dan santun.
3. Menunjukkan
sikap bertanggungjawab dan peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai)
dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran komputer terapan jaringan.
4. Dapat
memahamami konsep
teknologi komputer terapan jaringan.
5. Dapat
menyajikan konsep
teknologi komputer terapan jaringan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
diskusi, mengamati dan membaca referensi, siswa diharapkan dapat :
1. Menunjukkan
nilai-nilai syukur dan kebesaran Allah SWT yang telah menganugerahkan akal
pikiran manusia yang selalu berkembang guna kemudahan berkomunikasi dan
menyampaikan informasi melalui tulisan.
2. Menunjukkan
sikap peduli terhadap penggunaan perangkat lunak pengolah kata yang legal dan
etika penulisan yang sopan dan santun.
3. Menunjukkan
sikap bertanggungjawab dan peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai)
dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran komputer terapan jaringan.
4. Memahami konsep teknologi komputer
terapan jaringan.
5. Menyajikan konsep teknologi komputer
terapan jaringan.
E. URAIAN MATERI
1. Pengertian Komputer
Terapan Jaringan
Komputer terapan jaringan adalah sekelompok
komputer rekayasa(terapan) yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya
menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga
dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat
keras dengan tujuan membawa informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim
(Transmitter) menuju ke sisi penerima (Receiver).
2. Bagan
Sistem Komputer Minimal dan Fungsinya
Gambar 1. Bagan komputer minimal
Gambar di atas adalah contoh bagan komputer minimal atau dasar komputer.
Konsep awal terciptanya komputer adalah sebagai alat hitung. Istilah komputer
diambil dari bahasa latin computare yang artinya menghitung, jika dalam bahasa
inggris to compute, yang artinya juga sama yaitu menghitung.
Secara umum komputer dapat diartikan sebagai alat elektronika yang bekerja secara koordinasi dan integrasi berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data yang diproses didalam suatu sistem dan dikeluarkan dalam bentuk informasi.
Untuk lebih memahami konsep komputer perhatikan struktur organisasi komputer disamping dan berikut penjelasannya tentang fungsi tiap bagian bagan sistem komputer minimal :
a.
Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
b.
Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
c.
I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
d.
CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
e.
Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
f.
Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
g.
Address
Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
h.
Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
3. Jenis-jenis
mikrokontroler populer :
a.
AVR
Mikrokonktroler Alv and Vegard’s Risc processor atau
sering disingkat AVR merupakan mikrokonktroler RISC 8 bit. Karena RISC inilah
sebagian besar kode instruksinya dikemas dalam satu siklus clock. AVR adalah
jenis mikrokontroler yang paling sering dipakai dalam bidang elektronika dan
instrumentasi.
Gambar 2.
Contoh mikrokontroler jenis AVR
Secara umum, AVR dapat dikelompokkan dalam 4 kelas. Pada dasarnya yang membedakan masing-masing kelas adalah memori, peripheral dan fungsinya. Keempat kelas tersebut adalah keluarga ATTiny, keluarga AT90Sxx, keluarga ATMega dan AT86RFxx.
b.
MCS-51
Gambar 3.
Contoh mikrokontroler jenis MCS-51
Salah satu kemampuan dari mikrokontroler 8051 adalah pemasukan sebuah mesin pemroses boolean yang mengijikan operasi logika boolean tingkatan-bit dapat dilakukan secara langsung dan secara efisien dalam register internal dan RAM. Karena itulah MCS51 digunakan dalam rancangan awal PLC (programmable Logic Control).
c.
PIC (Programmable Interface Controller)
Gambar 4.
Contoh mikrokontroler jenis PIC
Pada awalnya, PIC merupakan kependekan dari
Programmable Interface Controller. Tetapi pada perkembangannya berubah menjadi
Programmable Intelligent Komputer. PIC termasuk keluarga mikrokonktroler
berarsitektur Harvard yang dibuat oleh Microchip Technology. Awalnya
dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronik General Instruments dengan nama PIC 1640.
Sekarang Microchip telah mengumumkan
pembuatan PIC-nya yang keenam.
d.
ARM
ARM adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32bit
RISC (Reduced Instruction Set Komputer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings.
ARM merupakan singkatan dari Advanced RISC Machine (sebelumnya lebih dikenal
dengan kepanjangan Acorn RISC Machine). Pada awalnya ARM prosesor dikembangkan
untuk PC (Personal Komputer) oleh Acorn Komputers, sebelum dominasi Intel x86
prosesor Microsoft di IBM PC kompatibel menyebabkan Acorn Komputers bangkrut.
4. Jenis-jenis
komputer terapan jaringan
a. Jenis
komputer terapan jaringan berdasarkan fungsi alat :
- Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
Wireless adalah
teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi
dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini
teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat
dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula
teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.
Wireless LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra merah) untuk melakukan komunikasi
data menyalurkan data dari satu point ke point yang lain tanpa melalui
fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan frekuensi tertentu untuk menyalurkan
data tersebut, kebanyakan Wireless LAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz.
Kelebihan dan Kekurangan Wirelles:
Kelebihan :
1. Pemeliharaan
murah
2. Infrastruktur
berdimensi kecil
3. Pembangunan
cepat
4. Mudah dan murah
untuk direlokasi dan mendukung portabilitas
6. Koneksi internet
akses 24 jam
7. Akses internet
yang cepat
8. Bebas tanpa pulsa
telepon
9. Ramah lingkungan
10. Memungkinkan menjangkau tempat yang
sulit secara geografis
Kekurangan :
1. Biaya peralatan
mahal
2. Delay yang
sangat besar
3. Kesulitan karena
masalah propagasi radio
4. Keamanan data
5. Kapasitas
jaringan karena keterbatasan spektrum
6. Rentan terhadap
noice
- Jaringan Berkabel (Wired Network)
Wire Network adalah jaringan komputer yang menggunakan
kabel sebagai mediapenghantar. Jadi, data mengalir pada kabel. Kabel yang umum
digunakan pada jaringankomputer biasanya menggunakan bahan tembaga. Ada juga
jenis kabel lain yang menggunakanbahan sejenis fiber optic atau serat
optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN.
Kelebihan dan Kekurangan jaringan KABEL :
Kelebihan:
1. Tidak
rentan terhadap penyadapan data dibanding teknologi wireless.
2. Dengan
Kabel, kecepatan yang dikutip dalam Mbps (ke bawah atau ke atas).
Kekurangan :
1. Attenuasi
meningkat pada frekuensi tinggi.
2. Pada frekuensi tinggi,
keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya
acoecrosstalka dan sinyal acoenoisea
b. Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan alat
koneksi :
- Client-Server
Client-Server adalah arsitektur jaringan yang
memisahkan client (biasanya aplikasi yang menggunakan GUI) dengan server.
Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server. Sistem
client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi.
- Peer to Peer
- Hybrid Network
Hybrid Network adalah Network yang
dibentuk dari berbagai Topologi (seperrti dan Teknologi. Sebuah Hybrid Network
mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh sebuah pengambilan alihan suatu
perusahaan. Sehingga, ketika di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda
tersebut harus digabungkan dalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metwork
memiliki semua Karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan
tersebut.
c. Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan
ukuran :
- LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan
komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan
komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan
perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000
Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa
disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang
menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai
pesat data yang lebih tinggi.
2. Meliputi
wilayah geografi yang lebih sempit.
3. Tidak membutuhkan jalur
telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
- MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN.
Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang
menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10
hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network
atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data
berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus,
perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari
beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan
jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu
kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam
jangkauannya.
- WAN
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi
dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup
area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau
bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang
membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang
satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi
yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
- Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer
luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu
negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai
sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif.
F. TUGAS
1.
Individu
Carilah contoh
jenis mikrokontroler yang lain!
2.
Kelompok
Buatlah kelompok terdiri atas 3-4 orang kemudian
amatilah jenis topologi yang digunakan
di bengkel komputer kalian.
G. EVALUASI
I. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
1.
Apa yang dimaksud dengan komputer terapan
jaringan?
2.
Gambarlah bagan minimal komputer terapan
jaringan beserta fungsi masing-masing komponen?
3.
Sebutkan jenis-jenis mikrokontroler!
4. Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan alat
koneksi!
5.
Jenis
komputer terapan jaringan berdasarkan ukuran!
II.
Lembar Jawab.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Stay Tune at:IrawanSoft